Walkot Sidimpuan Terbitkan Imbauan Larangan Takbiran Keliling

Minggu, 02 Juni 2019 - 05:31 WIB
Walkot Sidimpuan Terbitkan Imbauan Larangan Takbiran Keliling
Surat edaran Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution imbauan untuk tidak melaksanakan takbiran keliling (pawai) pada malam Hari Raya Idul Fitri, guna menghindari terjadinya marabahaya di jalan raya.(Foto/SINDOnews)
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Wali Kota (Walkot) Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menerbitkan surat edaran imbauan untuk tidak melaksanakan takbiran keliling (pawai) pada malam Hari Raya Idul Fitri. Surat edaran nomor 450/2951/2019, tersebut untuk menghindari terjadinya marabahaya di jalan raya.

“Pemkot Padangsidimpuan mendukung semua kegiatan berbentuk syiar agama. Namun, untuk menghindari tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya dan hal-hal yang tak diingini, kita imbau pawai takbir keliling tidak dilaksanakan,” kata Irsan, Sabtu (1/6/2019).

Sebagai gantinya, seluruh umat Islam agar merayakan penyambutan Idul Fitri dengan melaksanakan takbiran di tempat kerja atau Masjid dan Musala. Karena akan lebih banyak manfaat dan makna.

Wali Kota Padangsidimpuan mengirimkan surat edaran itu kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), seluruh Camat, pimpinan partai politik dan organisasi masyarakat.

“Kita tidak pernah larang takbiran menyambut Idul Fitri. Hanya caranya saja yang kita minta dilaksanakan di tempat kerja atau Masjid dan Musala. Karena pengalaman tahun sebelumnya, angka kecelakaan laulintas meningkat akibat pengendara ugal-ugalan saat pawai,” jelasnya.

Sebelum membuat kebijakan itu, politisi Golkar tersebut telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak terkait. Semua setuju meniadakan pawai takbiran, dengan tujuan selamatkan masyarakat dari hal-hal yang tak diingini di hari kemenangan yang fitri nanti.

“Hari Raya Idul Fitri itu hari kemenangan setelah sebulan penuh menunaikan ibadah puasa Ramdhan. Kita tidak inginkan hari yang suci ini diwarnai dengan duka kehilangan nyawa, luka-luka atau hal-hal buruk yang tidak kita ingini bersama,” kata Irsan.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2836 seconds (0.1#10.140)