Tips Sehat Minum Bubble Drink Menurut Pakar Gizi

Jum'at, 28 Februari 2020 - 08:35 WIB
Tips Sehat Minum Bubble Drink Menurut Pakar Gizi
Minuman bubble tetap dapat dinikmati, namun dengan memperhatikan beberapa hal agar tetap sehat. / Foto: SINDOnews/Diana Rafikasari
A A A
JAKARTA - Ancaman masalah kesehatan saat mengonsumsi minuman bubble mengintai, di balik rasanya yang nikmat. Berdasarkan penelitian, kalori dalam segelas minuman bubble bisa mencapai 600-800 kalori akibat tingginya gula dan lemak. Di sisi lain, minuman ini juga mengandung bahan-bahan tambahan yang tidak alami.

Sedangkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman bubble dua gelas sehari dengan takaran 500ml dapat menyebabkan sindrom metabolik hingga obesitas. Sayangnya hingga saat ini, masyarakat banyak yang tidak menyadari bahwa minuman ini bisa menyebabkan kecanduan.

"Dari minuman kekinian, selain gula, ada tambahan topping sehingga kalorinya berlebih. Akibatnya gampang dilihat adalah penampakan mulai dari overweight tingkat ringan sampai ke obesitas, kelebihan berat badan tingkat berat," kata pakar gizi Pafitri, S.K.M., RD saat peluncuran gerai Boba Soul di FX Sudirman, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Untuk wanita kelebihan berat badan, lingkar pinggang harus kurang dari 80cm dan kurang dari 90 untuk pria. Lebih dari itu, kegemukan. Lingkar pinggang ini juga ciri dari sindrom metabolik. Ini sebabkan resistensi insulin diabetes tipe 2," tambahnya.

Kendati demikian, bukan berati Anda tidak dapat menikmati minuman bubble. Minuman kekinian ini dijelaskan Pafitri tetap dapat dinikmati, namun dengan memperhatikan beberapa hal agar tetap sehat. Dan berikut tips sehat mengonsumsi minuman bubble.

1. Pilih minuman dengan kadar kalori rendah.
2. Kurangi gula (termasuk sirup serta konsentrat buah yang biasa ditambahkan ke dalam minuman).
3. Pilih jenis topping yang lebih sehat.
4. Tidak dikonsumsi berlebihan.
5. Pilih yang mengandung zat aktif alami yang bermanfaat.
6. Tetap minum air putih dengan jumlah yang cukup dan terapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1779 seconds (0.1#10.140)