Kemendes Gandeng UMSU Medan Dampingi Bumdes

Kamis, 27 Februari 2020 - 20:37 WIB
Kemendes Gandeng UMSU Medan Dampingi Bumdes
Rektor UMSU Dr Agussani menyampaikan pesan pada resepsi Milad ke- 63 UMSU di Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (27/2/2020). Foto/Ist
A A A
MEDAN - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan.

Kerja sama terkait pendampingan dan pengembangan badan usaha milik desa (Bumdes). Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan Rektor UMSU Dr Agussani dengan Staf Khusus Kemendes Dodi Pranata Wijaya pada resepsi Milad ke- 63 UMSU di Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (27/2/2020).

Penandatanganan naskah MoU juga dilakukan UMSU dengan sejumlah kabupaten/kota di Sumut yakni, Kabupaten Pakpak Barat, Batubara, Labuhanbatu Selatan. Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Labusel Kholil Jufri Harahap; Pelaksana Tugas Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution; Asisten 3 Pemkab Batubara Ronal Asahan; dan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Asahan.

Resepsi milad ke 63 UMSU juga diisi dengan penyerahan beasiswa dari Bank Syariah Mandiri senilai Rp100 juta. Penyerahan beasiswa dilakukan kepala Kanwil BSM Sumut.

Staf Khusus Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dodi Pranata Wijaya menjelaskan, pihak Kementerian Desa memberikan apresiasi kepada UMSU yang ikut terlibat dalam kegiatan pendampingan kepada desa. Paparan yang disampaikan Rektor UMSU Agussani tentang kegiatan pendampingan UMSU di sejumlah desa merupakan satu bentuk prestasi.

Rektor UMSU Agussani mengatakan, kondisi UMSU seperti sekarang ini tidak terlepas dari perjalanan selama 63 tahun. Perjalanan itu tentu masih panjang dengan banyak tantangan ke depan terkait kebijakan kementerian pendidikan.

Kerja sama dengan Kementerian Desa juga menjadi bagian yang penting dalam upaya pengembangan sumbetdaya manusia sebagai wujud pelaksanaan tri darma perguruan tinggi. "Saya yakin ini upaya bersama untuk ikut dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. UMSU memiliki sumber daya yang bisa menjadi mitra dalam memberikan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2946 seconds (0.1#10.140)