10.600 Santri dan 700 Guru Madrasah di Kabupaten Batu Bara Latihan Manasik Haji

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:06 WIB
10.600 Santri dan 700 Guru Madrasah di Kabupaten Batu Bara Latihan Manasik Haji
Dalam rangka menciptakan santri- santri yang soleha dan soleha, seluruh madrasah ibtidaiyah se-Kabupaten Batu Bara melaksanakan simulasi manasik haji pada Selasa (25/2/2020).(Foto/SINDOnews/Fadly Pelka)
A A A
BATU BARA - Dalam rangka memciptakan santri- santri yang soleha dan soleha, seluruh madrasah ibtidaiyah se-Kabupaten Batu Bara melaksanakan simulasi manasik haji pada Selasa (25/2/2020).

Kegiatan iniserentak yang diikuti oleh 10.600 santri dan 700 guru madrasah di lapangan bola kaki Indrapura Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara.

Selain membentuk keimanan para santri acara ini digelar guna membangun kekompakan sesama muslim dan pengenalan tentang ibadah haji secara dini bagi para santri madrasah.

Dalam kegiatan ini para santri melakukan manasik haji yang sama persis seperti dilakukan jamaah haji setiap tahunnya, mulai dari wukuf dipadang arafah, masuk keterowongan minah, melempar jumroh, thawaf mengelilingi ka'bah sebanyak 7 kali sampai berlari lari kecil dari bukit safa dan marwah dengan bangunan yang dibuat secara miniatur (simbolis)

Para santri dan orang tua santri tampak antusias memberikan dukungan kepada putra putrinya dalam mengikuti kegiatan manasik haki tersebut, sekalipun harus mengeluarkan biaya untuk membeli baju serba putih untuk mengikuti kegiatan manasik haji.

Muslim, salah seorang orang tua santri mengatakan merasa haru melihat para santri yang begitu bersemangat mengikuti kegiatan meskipun cuaca panas namun tidak menjadi kendala.

Awal Sanur guru santri mengatakan dalam kegiatan ini para santri tidak dipungut biaya apapun dan seluruh biaya ditanggulangi oleh panitia.

Awal Sanur berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat mengetuk hati mereka yang berada di Pemerintahan Batu Bara agar lebih memperhatikan nasib dan kesejateraan para guru madrasah ibtidaiyah yang selama ini hanya menerima honor Rp200 ribu per bulan bisa menjadi Rp1 juta setiap bulannya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.5471 seconds (0.1#10.140)