Gawat! WHO: Menyebar di 26 Negara, Pencegahan Corna Mulai Tertutup

Minggu, 23 Februari 2020 - 22:23 WIB
Gawat! WHO: Menyebar di 26 Negara, Pencegahan Corna Mulai Tertutup
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa jendela peluang untuk menahan penyebaran virus Corona, Covid-19, mulai menutup. Foto/Reuters.
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa jendela peluang untuk menahan penyebaran virus Corona, Covid-19, mulai menutup. Ini karena virus tersebut telah menyebar ke 26 negara, termasuk Korea Selatan (Korsel), Jepang, Iran, Lebanon dan Italia.

"Jika kita melakukannya dengan baik, kita dapat menghindari krisis serius, tetapi jika kita menyia-nyiakan kesempatan maka kita akan memiliki masalah serius di tangan kita," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir Reuters pada Minggu (23/2/2020).

Tedros di kesempatan yang sama mengatakan bahwa penurunan presentase kasus yang dilaporkan di China adalah sebuah berita baik. Tetapi, dia mengatakan itu harus ditafsirkan dengan sangat hati-hati.

"Masih terlalu dini untuk membuat prediksi tentang wabah ini," ungkapnya. Dia menuturkan tim pakar internasional yang dipimpin WHO, yang telah berada di China selama sepekan terakhir akan melakukan perjalanan ke Wuhan.

Dia juga mengatakan bahwa WHO mengkhawatirkan keberadaan virus tersebut di negara-negara dengan sistem kesehatan yang lemah. Ini karena, kemungkinan besar virus tersebut tidak bisa dideteksi di negara-negara tersebut.

"Kekhawatiran terbesar kami terus menjadi potensi Covid-19 untuk menyebar di negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah," ucapnya.

"WHO menyerukan USD 675 juta untuk mendukung negara-negara, terutama yang paling rentan. Kami telah mengidentifikasi 13 negara di Afrika yang dipandang sebagai prioritas karena hubungan mereka dengan China," ujarnya.

Tedros menambahkan telah mengirim lebih dari 30 ribu set alat pelindung diri ke beberapa negara Afrika dan siap untuk mengirim hampir 60 ribu set lebih ke 19 negara dalam beberapa minggu mendatang.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6385 seconds (0.1#10.140)