Gedung Fakultas Ekonomi USU Terbakar

Jum'at, 21 Februari 2020 - 10:56 WIB
Gedung Fakultas Ekonomi USU Terbakar
Sejumlah armada pemadam kebakaran Pemkot Medan turun memadamkan kobaran api di kampus Universitas Sumatera Utara (USU). (Foto:istimewa)
A A A
MEDAN - Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (20/2/2020) malam sekitar pukul 20.00 WIB, terbakar. Walaupun tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU Elvi Sumanti,ST,M.Hum mengatakan, penyebab kebakaran diduga disebabkan arus pendek pada jaringan listrik, sehingga membakar tumpukan mobeler seperti meja dan kursi yang terdapat ditangga menuju lantai II Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis kampus tersebut.

Dampak kebakaran tersebut tidak sampai mengganggu proses belajar dan mengajar bagi mereka. "Disitu ada mobeler. Jadi itu yang terbakar. Saya sudah kesana tadi" kata Elvi Susanti, Jumat (21/2/2020).

Saat disinggung apakah kebakaran itu memiliki unsur kesengajaan atau ada sabotase dari pihak tertentu, Elvi membantahnya. "Gak, itu bukan sabotase. Kebakaran itu diduga karena kosleting. Itupun sudah dalam penyelidikan," tegasnya.

Wakil Rektor Bidang Pengelolaan Aset Luhut Sihombing, mengatakan ruangan yang terbakar tidak terpakai dan hanya dijadikan tempat penyimpanan barang. Sumber api kemungkinan dari kantin di fakultas ekonomi, yang berada di sekitar gudang.

"Tidak ada ruangan perkuliahan yang terbakar, sehingga aktivitas di fakultas ekonomi tetap berjalan seperti biasanya. Begitu juga dengan nilai kerugian akibat kebakaran ini masih didata. Kita serahkan ke pihak kepolisian untuk menyelidiki penyebab kebakaran," jelasnya.

Sementara, Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan Nurly mengatakan, persentase kebakaran di ruang penyimpanan barang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus USU, hanya sekitar 10 persen. Api tidak sampai merembet ke ruangan lain karena petugas cepat melakukan pemadaman.

"Petugas BPBD dengan pemadam kebakaran langsung cepat turun ke lokasi. Tidak lama kemudian, kobaran api berhasil dipadamkan. Hanya gudang penyimpanan barang yang terbakar di kampus itu," tandasnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1383 seconds (0.1#10.140)