Mentan Melaunching Sikomandan dan Panen Pedet di Sergai

Kamis, 20 Februari 2020 - 19:06 WIB
Mentan Melaunching Sikomandan dan Panen Pedet di Sergai
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melaunching sekaligus panen pedet sapi di Lapangan Masjid Agung Jalinsum Lubuk Pakam-Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut, Kamis (20/2/2020). Foto/SINDOnews/M Andi Yusri
A A A
SERDANG BEDAGAI - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo melaunching sekaligus panen pedet sapi di Lapangan Masjid Agung Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lubuk Pakam-Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (20/2/2020).

Menteri Pertanian tiba langsung meninjau ribuan ekor sapi dan kerbau yang sudah disiapkan dalam kandang buatan di Lapangan Masjid Agung Sergai. Kedatangan Mentan untuk melaunching Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) dan panen pedet.

Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo melaunching Sikomandan sekaligus panen pedet bersama jajaran Direktorat Jenderal Kementerian Pertanian dan Bupati Sergai, Soekirman. "Saya gulirkan dengan lafaz Bismillah program Sikomandan dilaunching dan panen pedet," katanya di Kabupaten Sergai.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menyebut Kabupaten Sergai ini merupakan pilar-pilar dan kekuatan Provinsi Sumatera Utara, yakni dari segi pertaniannya. "Tinggal kita mengulang lebih dahsyat lagi dengan kebersamaan dan kekompakan di daerah untuk mengurus rakyat," tuturnya.

Mantan siap mendukung apa yang diminta Gubernur Sumut dan Bupati Sergai. "Mau tanaman pangan, ayo! Mau jagung, ayo! Mau sawit, mau apalagi. Apalagi mau kambing dan kerbau, kita siapkan," imbuhnya.

Mentan juga akan merencanakan program bagi peternak. "Salah satunya yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) membiasakan untuk menghitung sendiri," ungkapnya.

Sekda Provinsi Sumut, R Sabrina menjelaskan pembangunan di Sumut yang maju aman dan bermartabat juga dipadu sektor pertanian dan perkebunan. "Sudah dilakukan inovasi bagi para peternak di Sumut untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pertanian dan perkebunan," terangnya.

Bupati Serdang Bedagai, Soekirman menyebutkan program-program dari Kabupaten Sergai untuk sektor pertanian dan perkebunan cukup banyak dan tumbuh meningkat. "Kami ingin mengundang bapak Menteri pada saat 4 bulan lalu di Sentul. Akhirnya datang juga ke Sergai. Selain itu, ribuan lembu dan kambing mengiringi langkah bapak mensukseskan acara kita," sebutnya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7425 seconds (0.1#10.140)