495 Bilal Mayit di Sidimpuan Terima Tali Asih

Kamis, 30 Mei 2019 - 16:03 WIB
495 Bilal Mayit di Sidimpuan Terima Tali Asih
Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution didampingi Kadis Sosial Sopian Subri Lubis, serahkan talih asih kepada bilal mayit.Foto/Ist
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Untuk pertama kalinya di Kota Padangsidimpuan, pemda daerah menampung anggaran dan memberikan tali asih kepada seluruh bilal mayit di setiap dusun dan lingkungan.

“Bilal mayit pekerjaan mulia, karena menunaikan fardhu kifayah setiap umat Islam yang meninggal dunia. Alhamdulillah, walau baru sekarang, kita sudah bisa memberi perhatian kepedulian kepada saudara-saudara kita bilal mayit,” kata Irsan.

Tali asih yang diserahkan di tahap pertama tahun 2019 ini total sebesar Rp148.500.000, atau Rp300 ribu per orang. Hari pertama penyerahannya, Senin (27/5/2019), telah dimulai di Sidimpuan Utara 103 bilal mayit. Di Sidimpuan Selatan 126 bilal mayit dan Sidimpuan Angkola Julu 31 bilal mayit.

Hari kedua, Selasa (28/5/2019), di Kecamatan Sidimpuan Tenggara 76 bilal mayit, di Sidimpuan Bataunadua 87 bilal mayit, dan Sidimpuan Hutaimbaru 72 bilal mayit.

Wali Kota Padangsidimpuan berharap para bilal mayit tidak memandang jumlah tali asih yang diterima. “Kita peduli keikhlasan dan tanggungjawab bapak ibu para bilal mayit. Tali asih ini akan berkesinambungan dan akan ada penyaluran tahap kedua,” jelas Irsan.

Kepala Dinas Sosial Pemko Padangsidimpuan Sopian Subri Lubis menambahkan, tali asih bagi para bilal mayit ini baru pertama kalinya ditampung di APBD. Jumlahnya tidak begitu besar, karena harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Sejak kepemimpinan Wali Kota Irsan Efendi Nasution dan Wakil Wali Kota Arwin Siregar, kata Sopian Subri, aspek-aspek sosial kemasyarakatan di Kota Padangsidimpuan jauh lebih diperhatikan.

“Perhatian untuk bilal mayit ini, merupakan bagian dari Gerakan Sidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera (Gesid Bersinar) yang diprogramkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam rangka membangun dan memajukan Padangsidimpuan,” terang Sopian.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2917 seconds (0.1#10.140)