alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pria Ini Nekat Membakar Diri di Dekat Gedung Putih

Muhaimin
Pria Ini Nekat Membakar Diri di Dekat Gedung Putih
Foto: EPA/Okezone

WASHINGTON - Seorang pria membakar dirinya di dekat Gedung Putih pada hari Rabu waktu setempat. Para petugas polisi setempat bertindak cepat.

Pria tadi disemprot polisi setempat dengan alat pemadam kebakaran. Sebuah rekaman video menunjukkan pria yang belum diidentifikasi itu berjalan di dekat Gedung Putih dengan tubuh diselimuti kobaran api.

Dia telah dibawa ke rumah sakit dengan luka bakar hingga 85 persen di sekujur tubuhnya. Media setempat melaporkan luka yang diderita mengancam jiwanya.



"Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami telah memindahkan satu pasien dengan luka bakar dari Ellipse dan kami sekarang berada di lokasi membantu penegakan hukum," kata Departemen Pemadam Kebakaran Washington melalui seorang juru bicara.

Secret Service (Dinas Rahasia) melalui Twitter mengatakan insiden itu terjadi tak lama setelah tengah hari di Ellipse—selatan kediaman presiden—dekat 15th Street dan Constitution Avenue.

Para personel Dinas Rahasia yang berada di lokasi kejadian ikut membantu memberikan pertolongan pertama.

"Kami melihat pria ini," kata Alina Berzins, 17, yang sedang mengunjungi National Mall bersama dua sepupunya, kepada CNBC. "Dia mulai berlari, dan kemudian kami melihatnya diselimuti api," ujarnya, yang dilansir Kamis (30/5/2019).

Ellipse adalah taman umum besar yang terletak di sebelah selatan Gedung Putih. Sebuah paket mencurigakan yang terbakar juga ditemukan di taman, dekat tempat lelaki itu dipadamkan. Belum jelas motif aksi bakar diri tersebut. Identitas pria itu juga belum diungkap polisi.

Bulan lalu, seorang pria membakar jaket yang dia kenakan luar pagar Gedung Putih di Pennsylvania Avenue. Pria itu menderita luka-luka, namun tidak mengancam jiwanya.

Bakar diri telah digunakan sebagai bentuk ekstrem dari protes politik sejak zaman kuno. Pada tahun 1963, ketika Vietnam berada di bawah kekuasaan rezim Ngo Dinh Diem, biksu Buddha Thich Quang Duc menuangkan bensin ke tubuhnya sendiri sebelum akhirnya membakar diri di tengah jalan Saigon.



(vhs)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif