alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mobil Dinas Ratusan Unit tapi Pejabat Banyak Tak Punya Randis

Ricky Fernando Hutapea
Mobil Dinas Ratusan Unit tapi Pejabat Banyak Tak Punya Randis
Banyak aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Simalungun yang tidak memiliki jabatan atau masih pejabat eselon IV justru mendapatkan mobil dinas.Foto/Dok

SIMALUNGUN - Mobil dinas Pemkab Simalungun yang merupakan aset daerah diduga jumlahnya ratusan unit,namun banyak pejabat yang tidak mendapatkan fasilitas kendaraan dinas itu.

Uniknya banyak aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Simalungun yang tidak memiliki jabatan atau masih pejabat eselon IV justru mendapatkan mobil dinas.

Sementara cukup banyak pejabat eselon III yang menduduki jabatan dengan beban tugas yang berat seperti sekretaris dinas atau badan,justru tidak mendapatkan kendaraan dinas bahkan kendaraan operasional.



"Saya prihatin penggunaan mobil dinas di Pemkab Simalungun bukan berdasarkan kebutuhan atau aturan yang ada,tapi dilakukan dengan suka-suka atau karena kedekatan dengan pejabat penting," ujar Direktur Insitute Law Of Justice (ILAJ),Fawer Full Fander Sihite,kepada Sindonews.com,Jumat (26/4/2019).

Padahal pemberian mobil dinas di kalangan pejabat atau ASN seharusnya disesuaikan dengan beban tugas,untuk mendukung kelancaran tugas pejabat bersangkutan.

Dia mencontohkan ada bendahara yang belum berjabatan di salah satu dinas namun sudah mendapat mobil dinas,sementara ada pejabat eselon III yang menjabat sekretaris dinas tidak mendapatkan mobil dinas.

Pihaknya tandas Sihite mendukung adanya audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penggunaan mobil dinas di kalangan pejabat Pemkab Simalungun.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,Frans N Saragih mengakui jika mobil dinas aset daerah jumlahnya sekitar 200 unit.

"Kalau sekitar 200 unit memang mobil dinas ada,namun penggunaannya diatur sesuai beban tugas pejabat dan ada juga diberikan untuk operasional oleh ASN dan tidak boleh dibawa pulang," sebut Frans.



(vhs)

loading...