Entaskan Kemiskinan Lewat Program Marhaban Ya Dermawan

Jum'at, 26 April 2019 - 10:56 WIB
Entaskan Kemiskinan Lewat Program Marhaban Ya Dermawan
Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak muslim sedunia memperbanyak amal saleh melalui program kemanusiaan.Foto/Ist
A A A
MEDAN - Menyambut bulan suci Ramadan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak muslim sedunia memperbanyak amal saleh melalui program kemanusiaan.

Hal itu dilakukan di pelosok Indonesia hingga berbagai belahan dunia yang terangkum dalam program Ramadhan bertema “Marhaban Yaa Dermawan”.

Melalui program itu, ACT juga mengajak para stakholders untuk menjadikan Ramadan sebagai bulan akselerasi kedermawanan. Kepala Cabang ACT Sumatera Utara, Fadli Septavianra menjelaskan bulan Ramadan 1440 Hijriah nanti, akan membagi program ini lewat beberapa even baik skala lokal di Sumatera Utara, even nasional dan juga even luar negeri.

"Even lokal kita akan melakukan pembagian paket Ramadhan, paket lebaran dan kapal Ramadhan. Kapal ini nanti akan kita konsentrasikan ke Nias dan beberapa daerah lain di Sumatera Utara," jelasnya di Medan, Kamis (25/4/2019).

Fadli menuturkan seluruh masyarakat dapat ikut serta dalam program tersebut dalam bentuk kemitraan dengan ACT Sumut. Bentuknya, sambungnya, dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti memberikan bantuan untuk disalurkan oleh ACT maupun bentuk lain seperti bergabung langsung dengan ACT dalam aksi pembagian paket tersebut.

"Ada 2.000 paket pangan yang akan dibagikan," ujarnya. Sedangkan untuk program Ramadhan di luar negeri, ACT masih tetap fokus dengan bantuan kemanusiaan seperti bantuan kemanusiaan di Palestina, Sudan, Rohingya dan beberapa negara lain.

"Program luar negeri ke Palestina kita akan memberikan paket lebaran 50 ribu jiwa dan kita memiliki gudang disana untuk menyalurkan bantuan secara kontinue. Kita akan membangun rumah untuk keluarga syuhada. Di Suriah ada 6,2 juta jiwa di pengungsian dan mengalami krisi pangan luar biasa dan kita akan berikan paket ramadhan. Begitu juga di rohingya. Intinya di ramadhan kali ni ACT menawarkan berbagai paket kebaikan yang bisa disalurkan bersama-sama," pungkasnya.

Bersamaan dengan peluncuran program “Marhaban Yaa Dermawan”, ACT juga memperkenalkan situs baru yakni news.act.id, actnews.tv, act.id, dan cepattanggap.org untuk mempermudah keterlibatan khalayak dalam kegiatan kemanusiaan dan kedermawanan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7680 seconds (0.1#10.140)