3 Juni, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah

Rabu, 29 Mei 2019 - 11:12 WIB
3 Juni, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah
Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1440 H pada Senin 3 Juni 2019 yang rencananya dimpimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto:dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1440 H, pada Senin, 3 Juni 2019, yang rencananya dimpimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Senin, 3 Juni 2019 di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam siaran persnya, Rabu (29/5/2019).

Menurut Amin, sidang isbat akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah," ujarnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menjelaskan, rangkaian Sidang Isbat diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi. “Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore,” jelasnya.

Selepas Magrib, lanjut Agus, digelar Sidang Itsbat secara tertutup yang dipimpin oleh Menteri Agama. Dalam sidang tersebut, Direktur Urais dan Binsyar akan melaporkan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia. “Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal,” jelasnya.

Usai sidang, Menteri Agama akan menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang itsbat, yaitu Penetapan Pemerintah tentang Idul Fitri 1 Syawal 1440H/2019M.

Berikut sejumlah daftar lokasi rukyatul hilal awal Syawal 1440H/2019M untuk wilayah Sumatera:

1. Aceh : Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron; Aceh Jaya Gunung Cring Cran; Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat; Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang, Simeulue; Pantai Desa Nancala, Teupah Barat; Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang; dan Pantai Ujong Manggeng Kec. Manggeng, ABDYA

2. Sumatera Utara: Lantai IX Kantor Gubernur Sumut; dan Observatorium OIF UMSU

3. Sumatera Barat: Gedung Kebudayaan lantai 4 Dinas Kebudayaan

4. Riau : Pantai Prapat Tunggal Kec. Bengkalis

5. Kepulauan Riau : Bukit Cermin

6. Jambi : Hotel Odua Weston

7. Sumatera Selatan : Hotel Aryaduta

8. Bangka Belitung : Pantai Penagan; Pantai Tanjung Pandam; dan Pantai Tanjung Kalian Muntok

9. Bengkulu : Dak Mess Pemda Prov. Bengkulu

10. Lampung : POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda Lampung Selatan; Pantai Labuhan Jukung, Pekon Kmpung Jawa Kab. Pesisir Barat
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4462 seconds (0.1#10.140)