Kebakaran Rutan Kabanjahe Terkait Razia Narkoba atau Napi Dilarang ke WC?

Rabu, 12 Februari 2020 - 17:40 WIB
Kebakaran Rutan Kabanjahe Terkait Razia Narkoba atau Napi Dilarang ke WC?
etugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di Rutan Kelas II Kabanjahe yang dibakar para tahanan. (Foto/SINDOnews/Ist)
A A A
KABANJAHE - Desas-desus penyebab kerusuhan yang berujung pembakaran Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Kabanjahe, Jalan Bhayangkara Kabanjahe, Karo oleh narapidana bermunculan.

Informasi yang berkembang, menyebutkan adapun penyebab terjadinya peristiwa itu dipicu adanya 4 tahanan yang baru masuk dan ingin membuang air kecil ke WC. Namun mereka tidak diberi izin oleh Karupam Delta, S Purba.

Spontan hal itu mendapat respons dari kepala blok tahanan dengan nama panggilan Bajak Laut.

Mereka tidak terima karena tahanan baru tidak diberikan izin ke kamar mandi sehingga melakukan pembakaran barang- barang yang ada di dalam rutan sehingga terjadinya kebakaran di dalam rutan.

Terkait hal ini Kepala Rutan Kelas II B di Kabanjahe Simson Bangun belum dapat memberikan jawaban.

Simson Bangun justru memberi penjelasan peristiwa itu dipicu razia narkoba oleh petugas rutan.

"Sebelumnya, ada napi kasus narkoba yang pernah menjalani hukuman di rutan ini. Kemudian, dia kembali dititipkan atas kasus sama," ujar Kepala Rutan Kabanjahe, Simson Bangun, Rabu (12/2/2020).

Simson mengungkapkan, napi bersangkutan kembali diamankan oleh petugas rutan saat melakukan razia. Petugas mengamankan orang bersangkutan atas kasus narkoba. Napi itu kemudian diserahkan ke polisi berikut barang bukti narkoba.

"Banyak pelanggaran yang dilakukan napi itu selain terkait kasus narkoba. Dia melanggar aturan disiplin dan tata tertib rutan. Diduga karena sakit hati, orang bersangkutan memprovokasi napi lainnya," katanya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden kerusuhan napi tersebut. Pihaknya juga belum dapat merinci kerugian akibat pembakaran gedung rutan oleh sebagian napi di sana.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.3062 seconds (0.1#10.140)