Sebanyak 314 Napi Berhasil Dievakuasi dari dalam Rutan Kelas II Kabanjahe yang Dibakar

Rabu, 12 Februari 2020 - 16:06 WIB
Sebanyak 314 Napi Berhasil Dievakuasi dari dalam Rutan  Kelas II Kabanjahe yang Dibakar
Sebanyak 314 tahanan dan narapidana di Rutan Kelas II Kabanhaje, Karo yang dibakar berhasil dievakuasi petugas ke luar dari dalam Rutan. (Foto/SINDOnews/Ist)
A A A
MEDAN - Sebanyak 314 tahanan dan narapidana di Rutan Kelas II Kabanhaje, Karo yang dibakar berhasil dievakuasi petugas ke luar dari dalam Rutan.

Sementara Polda Sumut saat ini masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (12/2/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan saat ini personil Polres Tanah Karo sudah berada di Lapas melakukan pengamanan (pam) dan evakuasi para narapidana (napi). "Petugas pemadam kebakaran sudah tiba di Lapas untuk pemadaman dan saat ini api sudah padam," jelasnya.

Berdasarkan laporan dari Polres Tanah Karo, total napi di Lapas Kabanjahe berjumlah 410 napi, dengan perincian 380 pria dan 30 wanita. "Yang berhasil dievakuasi sebanyak 314 orang sisanya 96 orang lagi. Untuk proses evakuasi masih berlangsung dan tetap melakukan himbauan serta komunikasi ke para Napi," ungkap Tatan.

Mantan Wakpolrestabes Medan ini meyakini narapidana tidak ada yang kabur dan untuk sementara tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. "Untuk api sudah mulai padam. Napi tidak ada yang kabur. Situasi juga saat ini sudah terkendali," tegasnya.

Polres Tanah Karo melakukan pengamanan lingkungan di Lapas, diback up personil TNI dengan melakukan permintaan bantuan dari Kodim dan Yonif 125/Simbisa. Selain itu, perbantuan dari Satuan Brimob 1 SSK dan Direktorat Samapta 1 SSK Polda Sumut. "Tim Labfor sudah di TKP untuk mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran," pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1061 seconds (0.1#10.140)