Lemper Goreng, Alternatif Sajian Lemper Super

Selasa, 28 Mei 2019 - 09:33 WIB
Lemper Goreng, Alternatif Sajian Lemper Super
Lemper biasanya dibuat dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang. Namun, makanan ini bisa dikreasikan dengan cara digoreng dan disajikan dengan berbeda. (Vidio/MasakTV)
A A A
JAKARTA - Lemper biasanya dibuat dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang yang memang pas disantap saat perut kosong karena kandungan karbohidratnya yang lumayan.

Rasanya yang gurih membuat siapa pun ingin selalu mencicipinya. Namun, jika Anda bosan dengan tampilan lemper yang begitu-begitu saja dan tak mau repot membungkusnya dengan daun pisang, maka lemper goreng ini pas untuk Anda.

Lemper ini bisa dibuat dengan bahan pembuat lemper seperti biasa, tapi disajikan setelah digoreng tanpa dibungkus daun pisang. Lemper goreng ini juga bisa cocok untuk hidangan buka puasa Anda. Tertarik membuatnya? Berikut resep membuat lemper goreng seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.

Bahan:
500 gr beras ketan, rendam semalaman
250 ml santan
2 lbr daun salam
Garam
Daun pisang

Bumbu:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
Minyak

Isi:
Minyak
1 lbr daun salam
Kayu manis
300 gr ayam fillet, rebus, suwir-suwir
100 ml santan
Garam
Lada

Pelapis :
2 btr telur, kocok lepas
Tepung panir

Cara membuat:
1. Rebus beras ketan dengan santan, daun salam, tambah garam secukupnya. Haluskan bumbu. Isi, panaskan minyak goreng, tumis bumbu hingga harum, daun salam dan kayu manis, kemudian masukkan daging ayam, aduk rata. Tuang santan, tambahkan daun salam, tambahkan sedikit garam dan lada. Masak hingga matang dan kuah mengering.

2. Ambil satu sendok makan ketan, isi dengan bahan isian, bentuk bulat. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis. Kukus selama 15—20 menit. Celupkan ketan ke dalam kocokan telur, gulingkan di atas tepung panir. Lakukan pelapisan hingga dua kali. Goreng lemper dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Lemper goreng siap dihidangkan.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7512 seconds (0.1#10.140)