Virus Corona Dapat Jangkiti 500 Ribu Orang dalam Beberapa Pekan Mendatang

Selasa, 11 Februari 2020 - 06:01 WIB
Virus Corona Dapat Jangkiti 500 Ribu Orang dalam Beberapa Pekan Mendatang
Adam Kucharski, seorang profesor epidemiologi penyakit menular, menuturkan virus Corona baru mungkin telah menginfeksi setidaknya 500 ribu orang di Wuhan. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Profesor epidemiologi penyakit menular Adam Kucharski menuturkan, virus Corona baru, nCoV-2019, mungkin telah menginfeksi setidaknya 500 ribu orang di Wuhan, China, pada saat puncaknya dalam beberapa pekan mendatang.

Saat ini, virus tersebut sudah menginfeksi sekitar 40 ribu orang di seluruh dunia. "Dengan asumsi tren saat ini terus berlanjut, kami masih memproyeksikan puncak kasus virus pertengahan hingga akhir Februari di Wuhan," ucap Kucharski dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (10/2/2020).

"Ada banyak ketidakpastian, jadi saya berhati-hati dalam memilih satu nilai untuk puncak, tetapi itu mungkin berdasarkan data saat ini kita mungkin melihat prevalensi puncak lebih dari 5 persen," sambungnya.

Kucharski menyebut, itu berpotensi berarti setidaknya 1 dari 20 orang akan terinfeksi di Wuhan pada saat puncak epidemi. Dia lalu mengatakan bahwa ini dapat berubah jika pola penularan melambat dalam beberapa hari mendatang.

Prediksi ini tidak menunjukkan lonjakan kasus yang akan datang di Wuhan. Tetapi, dia mengatakan total kumulatif saat ini tidak mencerminkan semua infeksi, terutama yang ringan, yang juga telah terjadi.

Kucharski, yang penelitiannya berfokus pada dinamika penyakit menular, dan rekan-rekannya mendasarkan pemodelan mereka pada berbagai asumsi tentang virus 2019-nCoV. Ini termasuk masa inkubasi 5,2 hari, penundaan mulai timbulnya gejala hingga konfirmasi infeksi 6,1 hari, dan sekitar 10 juta orang berisiko terinfeksi di Wuhan.

Berdasarkan hal itu, prevalensi 5 persen sama dengan sekitar 500 ribu infeksi kumulatif. Itu berkali-kali lebih banyak dari yang diperhitungkan oleh otoritas kesehatan di Wuhan, yang hanya sekitar 16 ribu orang terifensi virus tersebut.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3080 seconds (0.1#10.140)