Korsel Catat Sejarah, Film Parasite Menangkan Penghargaan Oscar 2020

Senin, 10 Februari 2020 - 14:00 WIB
Korsel Catat Sejarah, Film Parasite Menangkan Penghargaan Oscar 2020
Film Parasite berhasil menorehkan sejarah dengan memenangkan Skenario Asli Terbaik di ajang Oscar 2020. Foto/Istimewa.
A A A
LOS ANGELES - Film Parasite berhasil memenangkan Skenario Asli Terbaik Oscar 2020. Kemenangan ini menjadi sejarah karena menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Tak tanggung-tanggung di kategori ini, Parasite mengalahkan sejumlah film ternama lainnya. Dilansir The Hollywood Reporter, film ini mengalahkan 1917 karya Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns, Knives Out karya Rian Johnson, Marriage Story karya Noah Baumbach hinhga Once On a Time in Hollywood karya Quentin Tarantino. Kategori ini dibacakan oleh Diane Keaton dan Keanu Reeves.

Ketika Bong Joon Ho dan Han Jin Won naik panggung untuk menerima penghargaan, Bong mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Academy Awards. Memenangkan penghargaan Oscar pun dikatakan Bong sebagai sebuah kehormatan besar.

Lebih lanjut, pada pidato kemenangannya sutradara tersebut mengungkapkan bahwa penulisan naskah film garapannya ini melalui proses yang panjang dan menyendiri.

"Menulis naskah merupakan proses yang panjang dan menyendiri. Kami tidak pernah menulis untuk mewakili negara kami. Ini sangat pribadi untuk Korea Selatan," kata Bong Joon Ho.

"Saya berterima kasih kepada istri saya karena selalu menjadi inspirasi bagi saya. Saya berterima kasih kepada semua aktor yang bersama saya hari ini karena menghidupkan film ini," tambahnya.

Sementara Han Jin Won selaku penulis film Parasite mengucapkan terima kasih kepada Bong dan orang tuanya atas kemenangan tersebut, serta berbagi kemenangan dengan penulis skenario dan pembuat film Korea Selatan. "Saya ingin berbagi kehormatan dengan para penulis skenario lain," ujae Han Ji Won.

Parasite adalah film Asia pertama yang memenangkan penghargaan ini. Mereka berbagi ruang dengan pemenang film berbahasa asing sebelumnya termasuk Divorce Italian Style, A Man and a Woman and Talk to Her.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1721 seconds (0.1#10.140)