alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tiket Pesawat Naik, Pemudik Kapal Laut Akan Membeludak Tujuan Belawan

Rusli HR
Tiket Pesawat Naik, Pemudik Kapal Laut Akan Membeludak Tujuan Belawan
Ribuan penumpang KM Doro Londa sedang berada di halaman Terminal Penumang Bandar Deli Pelabuhan Belawan. Foto: Rusli HR/iNews

MEDAN - Naiknya harga tiket pesawat sejak awal 2019 diprediksi berimbas pada musim mudik Lebaran Idul Fitri 1437 H ini.

Kadatangan penumpang dari Jakarta, Batam, dan Tanjung Balai Karimun tujuan Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara akan naik dibanding tahun lalu.

Guna mengantisipasi meningkatnya penumpang kapal laut ke Pelabuhan Belawan, PT Pelni telah menambah satu trif kapal penumpang jenis KM Doro Londa. Kapal ini berlayar dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Batam, dan Tanjung Balai Karimun.



KM Doro Londa tiba dan bersandar di Dermaga Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Minggu (26/5/2019) siang, dengan menurunkan penumpang sebanyak 2.621 orang.

KM Doro Londa membawa penumpang pemudik Lebaran yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 hijriyah di kampung halamannya di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Lili (30), salah seorang penumpang dari Pelabuhan Tanjung Balai Karimun mengatakan, ia bersama temannya pulang ke Medan sengaja menggunakan kapal laut karena mahalnya harga tiket pesawat.

Sementara itu, Kepala Cabang Pelni Medan Belawan, M Lutfi Isnar Sutan, menyebutkan, kapal penumpang KM Doro Londa yang tiba di Pelabuhan Belawan mengangkut 2.621 orang. Jumlah ini jauh meningkat dari hari-hari sebelumnya.

Menurut dia, faktor penyebab banyaknya penumpang melalui jalur laut kemungkinan karena tingginya harga tiket pesawat. Sehingga para pemudik Lebaran ke Sumatera Utara memilih menggunakan transportasi jalur laut.

Apalagi setiap penumpang digratiskan membawa barang bagasi seberat 40 Kg. Penumpang kapal laut hanya dikenakan biaya bagasi lebih dari 40 kg, dengan biaya Rp173.000 per kg.



(vhs)

loading...