10 Pendaki Tewas di Gunung Everest

Minggu, 26 Mei 2019 - 09:56 WIB
10 Pendaki Tewas di Gunung Everest
Antrian pendaki di Gunung Everest. Insert: Robert Haynes Fisher. Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian
A A A
KATHMANDU - Robert Haynes Fisher (44) pendaki asal Inggris menjadi korban terbaru yang tewas di Gunung Everest. 10 orang telah meninggal dalam beberapa minggu terakhir.

Robert dilaporkan telah mendaki puncak gunung tertinggi di dunia tetapi meninggal 150 meter di bawah dalam perjalanan kembali.

Menurut perusahaan ekspedisi Murari Sharma, Fisher tiba-tiba jatuh ketika kembali dari puncak.

"Sherpa kami, Jangbu, mencoba membangunkannya dan mengganti botol oksigennya serta mencoba memberinya air tetapi tidak ada tanggapan," ucap Sharma.

"Jangbu dan sherpa lainnya teru mencoba untuk membangunkan Tuan Fisher tetapi mereka tidak bisa. Akhirnya sherpa kami dan sherpa lainnya mengkonfirmasi bahwa dia sudah meninggal. Kemudian mereka mencoba merobohkan tubuhnya, tetapi mereka tidak bisa," imbuhnya.

"Dia adalah pria yang hebat dan teman yang baik dan kita semua sangat sedih. Belasungkawa kami yang terdalam kepada keluarga Fisher, teman, dan kolega atas kehilangan mereka," tukas Sharma seperti dikutip dari Sky News, Minggu (26/5/2019).

Murari Sharma, direktur pelaksana di Everest Pariwar Treks, mengatakan kepada surat kabar yang berbasis di Kathmandu, pendaki itu adalah bagian dari ekspedisi beranggotakan enam orang yang dipimpin oleh Dani Fuller.

"Para pendaki bersama pemandu sherpa-nya mencapai puncak sekitar pukul 8.30 pagi," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pendaki meninggal di bawah puncak sementara seorang pemandu sherpa juga mengeluh sakit dan diselamatkan di kamp yang lebih rendah.

Mengonfirmasi kematiannya, mitra Fisher, Kristyn Carriere - yang pergi bersamanya sejauh Everest Base Camp sebelum meninggalkannya untuk mendaki dengan kelompok trekking terorganisir - mengatakan di Facebook: "Dia mendapatkan tujuannya."

"Hatiku hancur. Itu adalah tantangan utamanya," sambungnya.

Keluarga Fisher menggambarkannya sebagai petualang aspirasional.

"Dia adalah pria tangguh, triatlon, dan pelari maraton. Seorang juara untuk vegetarianisme, penulis untuk penerbit, dan seorang penonton teater yang berbudaya, kekasih Shakespeare," kata mereka.

"Kami sangat sedih dengan kehilangannya karena ia masih memiliki begitu banyak petualangan dan impian yang harus dipenuhi," lanjutnya.

"Setiap orang yang pernah bertemu dengannya dalam kapasitas apa pun akan selalu mengingat dampak positif yang ia miliki pada kehidupan mereka," ujar mereka mengakhiri.

Menurut Himalayan Times, kematian Fisher menambah korban yang meninggal saat mendaki gunung di atas 8.000 meter menjadi 20 pada musim semi, di mana Everest adalah salah satunya.

Laporan datang setelah munculnya gambar yang menunjukkan antrian untuk mencapai puncak gunung, pada bagian gunung yang disebut "zona kematian".

Bagi banyak orang yang tertarik untuk mendaki, Everest telah menjadi ambisi yang serius, dengan sejumlah perusahaan trekking menawarkan untuk membantu orang mencapai tujuan mereka, dan mencapai titik tertinggi di bumi tidak lagi terbatas pada pendaki gunung profesional.

Kekhawatiran telah dikemukakan bahwa terlalu banyak pendaki yang diizinkan untuk mencoba puncak di musim mendaki yang sempit bila memungkinkan, dengan petualang Ben Fogle mentweet pada hari Jumat sebagai tanggapan terhadap gambar: "Nepal dan Tibet/China perlu membatasi jumlah pendaki di gunung dengan gaya lotere London Marathon untuk izin pendakian."

Foto itu diambil oleh Nirmal Purja, seorang mantan SBS dan tentara Gurkha, yang juga menyimpulkan gunung itu sebagai bagian dari upaya untuk menaklukkan 14 gunung tertinggi di dunia dalam tujuh bulan - sebuah tantangan yang memakan waktu tujuh tahun.

Sebelumnya warga Irlandia Kevin Hynes (56) meninggal di tendanya pada dini hari Jumat pada ketinggian 7.000 meter.

Ayah dua anak itu telah mengirim sms kepada teman-teman sehari sebelumnya untuk mengatakan bahwa ekspedisi itu "membuktikan kesenangan yang paling ia miliki".

Kematiannya datang seminggu setelah sesama orang Irlandia Seamus Lawless, dari Bray, Co Wicklow, jatuh ketika ia turun dari puncak, setelah mencapai "impian seumur hidup" untuk mendaki gunung.

Operasi pencarian diluncurkan untuk menemukan Lawless, tetapi keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat misi dibatalkan karena cuaca buruk.

Sekitar 41 tim dengan total 378 pendaki memiliki izin untuk mendaki gunung musim semi ini, yang berakhir bulan ini. Jumlah yang sama dari pemandu Nepal membantu mereka mencapai puncak.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0976 seconds (0.1#10.140)