Tol Trans Sumatera Siap Layani Warga saat Mudik Lebaran 2019

Jum'at, 24 Mei 2019 - 19:43 WIB
Tol Trans Sumatera Siap Layani Warga saat Mudik Lebaran 2019
Tol Trans Sumatera kini bisa melayani masyarakat saat mudik Lebaran 2019. (Foto/Ist)
A A A
PALEMBANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno memastikan Tol Trans Sumatera kini bisa melayani masyarakat saat mudik Lebaran 2019.

Hal ini diungkapkan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang yang dikemas dalam acara "Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang" pada Jumat (24/5/ 2019).

Perjalanan menuju Tol Trans Sumatera dimulai dari Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Jalur yang dilalui adalah Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) sepanjang 329 kilometer (km) yang terdiri dari 140 km jalur operasional dan 189 km jalur fungsional.

Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang ditempuh selama 6 jam dengan total jarak tempuh 358,7 km. Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-12 jam.

"Saya senang beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat di libur lebaran. Saya mendorong BUMN Karya agar nantinya kita bisa melayani masyarakat," ungkap Rini.

Menteri Rini juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, Jalan Tol Bakauheni – Kayu Agung sudah siap untuk dilalui para pemudik pada libur Lebaran pekan depan.

“Jalan tol ini sangat memudahkan para pemudik dari Jakarta ke Palembang ataupun sebaliknya karena selain lebih aman, waktu tempuh pun dapat dipangkas hingga separuhnya. Dari Lampung – Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4 – 5 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80 – 100 KM/Jam dan lalu lintas lancar,” kata Rini di sela-sela peninjauan.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menjamin keamanan para pengendara yang melintasi Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung karena rambu-rambu dan lampu penerangan jalan sudah dipasang dengan cukup, khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan. Sarana pelayanan Lalu Lintas juga telah dipersiapkan dengan prima di setiap ruas.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7488 seconds (0.1#10.140)