4 Maskapai Penerbangan Akan Layani Jamaah Haji Indonesia

Jum'at, 31 Januari 2020 - 12:36 WIB
4 Maskapai Penerbangan Akan Layani Jamaah Haji Indonesia
Kemenag dan Komisi VIII DPR menyepakati pemberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci tahun ini dilakukan dengan menggunakan 4 maskapai penerbangan. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR menyepakati jamaah haji Indonesia tahun 2020 yang berangkat ke Tanah Suci akan dilayani oleh empat maskapai penerbangan.

Jika pada tahun sebelumnya hanya menggunakan Garuda Indonesia Airlines dan Saudi Arabia Airlines, maka mulai di tahun ini ada dua tambahan maskapai yakni Citylink dan Flynas.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan bahwa tawaran harga yang lebih kompetitif menjadi salah satu pertimbangan. Kendati demikian, Menag memastikan ada sejumlah standar yang harus diperhatikan.

"Empat penerbangan membuat lebih kompetitif dari harga, tapi persyaratan tetap, pesawat tetap diperhatikan baik pesawat yang harus usia muda dan kelayakan terbang yang harus memenuhi syarat. Pelayanan tetap harus prima. Biaya bisa ditekan tanpa mengurangi kenyamanan,” ujar Menag usai rapat penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Komisi VIII Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (30/1/2020).

Di tahun ini, Menag juga memastikan ada beberapa tambahan layanan bagi Jamaah Haji. Seperti fast track yang kini diberlakukan tidak hanya untuk mereka yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Banten tetapi juga di Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Fast track adalah layanan dini imigrasi Arab Saudi yang dibuka di bandara asal penerbangan atau embarkasi.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9714 seconds (0.1#10.140)