alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mengenal Kanker Nasofaring yang Diderita Ustaz Arifin Ilham

Diana Rafikasari
Mengenal Kanker Nasofaring yang Diderita Ustaz Arifin Ilham
Kanker Nasofaring menjadi salah satu penyakit yang diderita Almarhum Ustaz Arifin Ilham. Lalu, seperti apa penyakit ini? Foto Istimewa.

JAKARTA - Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu Malam (22/5/2019) di Penang, Malaysia. Almarum meninggal di usia 49 tahun karena beberapa penyakit yang diderita.

Selain kanker kelenjar getah bening dan infeksi paru-paru, salah satu pendakwah kondang itu dilaporkan terserang kanker nasofaring. Lantas apa kanker nasofaring itu?

Kanker nasofaring, seperti dilansir Cancer.org adalah jenis kanker kepala dan leher. Penyakit ini dimulai di nasofaring atau bagian atas tenggorokan di belakang hidung dan dekat pangkal tengkorak. Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel di hampir semua bagian tubuh dapat menjadi kanker, dan dapat menyebar ke area lain.



Nasofaring sendiri merupakan bagian atas tenggorokan (faring) yang terletak di belakang hidung. Ini adalah ruang seperti kotak sekitar 1 ½ inci di setiap tepi. Letaknya tepat di atas bagian lunak atap mulut (langit-langit lunak) dan tepat di belakang saluran hidung.

Nasofaring berfungsi sebagai jalan keluar untuk perjalanan udara dari hidung ke tenggorokan (dan kemudian ke paru-paru). Beberapa jenis tumor dapat berkembang di nasofaring. Beberapa dari tumor ini adalah jinak (bukan kanker), tetapi yang lain ganas (kanker). Penting untuk berbicara dengan dokter tentang jenis tumor apa yang mungkin Anda miliki. Diantaranya adalah karsinoma nasofaring.

Sebagian besar kanker nasofaring merupakan karsinoma nasofaring (NPC). Ini adalah kanker yang paling umum di nasofaring. Penyakit ini berawal dari sel-sel yang melapisi permukaan internal dan eksternal tubuh (disebut sel epitel). Perawatannya sama untuk semua jenis NPC. Tipe yang tidak keratin cenderung merespon lebih baik terhadap pengobatan, tetapi stadium kanker - sejauh mana ia telah tumbuh dan menyebar - seringkali lebih penting daripada tipe dalam memprediksi pandangan seseorang (prognosis).

Jenis kanker lain juga dapat ditemukan di nasofaring yaitu limfoma. Limfoma terkadang dapat mulai di nasofaring. Mereka adalah kanker sel sistem kekebalan tubuh yang disebut limfosit, yang ditemukan di seluruh tubuh, termasuk di nasofaring. Ada juga adenokarsinoma dan karsinoma kistik adenoid adalah kanker yang dapat dimulai pada kelenjar ludah minor di nasofaring.

Tetapi kanker ini lebih sering ditemukan di hidung (rongga hidung) atau mulut (rongga mulut). Lihat rongga mulut dan kanker Oropharyngeal, rongga hidung dan kanker sinus paranasal, atau kanker kelenjar ludah untuk mengetahui lebih lanjut tentang kanker ini. Sementara, tumor nasofaring jinak cukup jarang dan cenderung berkembang pada anak-anak dan dewasa muda. Tumor ini tidak menyebar ke bagian tubuh lain dan biasanya tidak mengancam jiwa.

Tumor nasofaring jinak tidak selalu membutuhkan perawatan. Perawatan penyakit ini tidak sama dengan kanker nasofaring. Jika Anda memiliki tumor jinak, segera bicarakan dengan dokter.



(boy)

loading...