alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mudik Lebaran 2019, ASDP Tambah Dua Lintasan Penyeberangan

Rina Anggraeni
Mudik Lebaran 2019, ASDP Tambah Dua Lintasan Penyeberangan
Ilustrasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Foto/Istimewa

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan pelayanan untuk mudik Lebaran 2019 dengan menambah dua lintasan penyeberangan untuk mengantisipasi membludaknya pengguna kapal bagi pemudik.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, mengatakan penambahan dua lintasan penyeberangan ini adalah di Danau Toba dan Bira-Pamatata (Selayar). Hal ini untuk menambah tujuh lintasan penyeberangan lainnya: Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau (Balikpapan), Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung Api-api (Bangka).

"Jadi dari tahun ke tahun, kita selalu membuat perbaikan dalam melayani penumpang. Jadi kita menambah dua lintasan penyeberangan menjadi sembilan lintasan yang akan dipantau secara nasional," ujar Ira di Jakarta, Rabu (22/5/2019).



Ira menambahkan bahwa arus mudik dan arus balik tahun ini diperkirakan lebih lancar dari tahun sebelumnya, menyusul ketentuan cuti bersama yang relatif lebih panjang. Sehingga periode libur menjadi lebih lama.

"Ini akan lancar dan aman karena kita terus mengimbau dan mengupdate kabar terbaru agar pemudik tidak terjadi penumpukan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatra masih tetap akan menjadi lintasan tersibuk selama periode Angkutan Lebaran 2019. Ditambah lagi, tahun ini masyarakat yang akan mudik dari Jawa menuju Sumatra dapat menikmati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang telah siap beroperasi.

"Bagi pemudik yang akan melanjutkan perjalanan darat dari Bakauheni menuju kota lainnya di Sumatra, agar dapat mempersiapkan perjalanannya dengan baik, termasuk mengisi bahan bakar cukup untuk sampai di tujuan," tandasnya.

Secara nasional, kesiapan alat produksi Angkutan Lebaran 2019 juga memadai, yang akan dilayani oleh 29 cabang, 35 pelabuhan, 229 lintasan dan 150 unit kapal (termasuk swasta). Tahun ini, total jumlah pemudik Angkutan Lebaran di lintasan terpantau nasional diprediksi mencapai 4,67 juta orang atau naik 4,8% dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 4,45 juta orang.

Jumlah kendaraan roda dua mencapai 479.793 unit atau naik 4,6% dibandingkan tahun lalu 458.793 unit, dan roda empat mencapai 631.674 unit atau naik 10,5% dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 571.849 unit.



(boy)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif