Byun Hee-soo, Transgender Korsel Tetap Ingin Jadi Tentara

Kamis, 23 Januari 2020 - 22:30 WIB
Byun Hee-soo, Transgender Korsel Tetap Ingin Jadi Tentara
Byun Hee-soo, Transgender Korsel Tetap Ingin Jadi Tentara. Foto/Chanelnewsasia
A A A
SEOUL - Meskipun sudah mengubah status jenis kelaminnya selama satu tahun, Byun Hee-soo menyatakan tetap mempertahankan pekerjaannya sebagai prajurit. Tentara transgender asal Korea Selatan (Korsel) yang awalnya mendaftarkan dirinya sebagai pria dan mengubah jenis kelamin setahun setelahnya. Padahal, militer Korsel telah memberhentikannya karena Korsel merupakan negara yang cukup konservatif mengenai identitas seksual.

Byun, 20-an, mendaftar wajib militer pada 2017, tetapi menjalani operasi perubahan jenis kelamin pada November lalu di Thailand. “Saya tentara Republik Korea (Korsel),” ungkapnya di depan para jurnalis. Dia mengungkapkan, mengabdi di dunia militer merupakan mimpinya sejak kecil.

Dia mengaku mengalami depresi dysphoria gender sehingga mendorongnya mengubah jenis kelamin.

“Mengabaikan identitas seksual saya, saya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa saya adalah salah satu tentara hebat yang membela negara ini,” ujar Byun. “Tolong beri saya kesempatan,” paparnya.

Juru bicara kementerian pertahanan menyatakan Byun telah menjalani serangkaian tes kesehatan di rumah sakit militer. Byun dinyatakan telah kehilangan alat kelamin pria. “Kasus (transgender) menjadi alasan kenapa dia tidak bisa melanjutkan wajib militer,” demikian keterangan militer Korsel.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4029 seconds (0.1#10.140)