alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Goyang Lidah Saat Bersantap Sahur dengan Gurihnya Ayam Kalio

KORAN SINDO
Goyang Lidah Saat Bersantap Sahur dengan Gurihnya Ayam Kalio
Masakan ayam memang tidak pernah gagal menggoyang lidah. Apalagi ayam kalio ini. Empuknya daging ayam berpadu dengan rempah sungguh menggugah seleran makan. (Instagram/MasakTV)

JAKARTA - Bosan mengolah ayam hanya dengan menggoreng atau memasaknya menjadi opor? Nah, pilihan ayam kalio bisa menjadi solusi kebosanan ini.

Empuknya daging ayam berpadu dengan rempah-rempah dan menyantapnya bersamaan dengan nasi putih hangat menghasilkan rasa yang nikmat luar biasa.

Ayam memang tak pernah gagal menggoyang lidah. Bahan makanan ini juga mudah olah. Anda bisa membuatnya sejak sore dan menyajikannya saat santap sahur. Tertarik membuat ayam kalio? Berikut resep membuat ayam kalio untuk sahur seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.



Bahan:
1 ekor ayam kampung
1 ltr santan
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
15 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
2 cm jahe
2 cm lengkuas
1 cm kunyit
3 btr kemiri
1 sdt adas manis
1 sdt jinten
1 sdm ketumbar halus
1 sdt lada
1 lbr daun kunyit
2 btg serai
3 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
3 sdm air asam jawa
1 buah jeruk nipis
2 sdm gula merah
Garam

Cara membuat:
1. Bersihkan ayam dan rendam dengan perasan jeruk nipis. Haluskan semua bahan bumbu. Tumis bumbu yang telah dihaluskan kemudian masukkan daun-daun dan serai hingga wangi. Masukkan ayam dan aduk terus hingga rata.

Setelah bumbu merata, masukkan santan kental dan aduk terus hingga mendidih. Masukkan air asam jawa, garam dan gula merah, aduk terus hingga merata. Masak ayam hingga berwarna kecokelatan sambil terus diaduk. Ayam kalio siap dihidangkan.



(boy)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif