alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Satu Suspect Covid-19 Meninggal, Kapolda Sumut Imbau Tak Melayat

M Andi Yusri

MEDAN - Seorang warga suspect Covid-19 (Corona) dinyatakan meninggal dunia. Itu berarti bertambah menjadi dua orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Diketahui seorang warga inisial AG yang tinggal di Komplek Bekala Asri Lingkungan 3 Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan yang dikabarkan telah meninggal dunia di salah satu Rumah Sakit swasta di Kota Medan. Mengetahui itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin Siregar menghimbau untuk segera dimakamkan dan tidak melayat serta tidak ikut menguburkannya.

"Untuk saat ini kita percayakan pada tim medis yang sudah dipercayakan dan lebih mengerti," terang Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat mengikuti pelaksaan rapat pencegahan covid-19 di Pendopo Gubernuran Sumut, Medan, Senin (23/3/2020).



Kapolda Sumut memberikan himbauan masyarakat ataupun keluarga untuk tidak melayat ke rumah duka warga Kwala Bekala yang meninggal dunia akibat covid-19 tersebut, karena virus atau bakteri dari covid-19 ini cepat menyebar dalam kondisi tubuh sudah tidak berfungsi.

"Tidak ada yang mengantar jenazah, tidak ada yang memegang jenazah dan dalam tempo 4 jam segera dimakamkan. Tidak akan ada pemeriksaan jenazah apabila mayat sudah didiagnosis mengidap Covid-19. Jenazah sesegera mungkin dimasukan kedalam kantong mayat dan tidak dibuka kembali. Harus ditutup rapat-rapat dan segera dimakamkan," ungkap Kapolda Sumut.

Bahkan, lanjut Irjen Pol Martuani, kendaraan juga harus dibersihkan secara higienis setelah pengangkatan jenazah dan semua sarung tangan dan peralatan sekali pakai harus dibuang dengan aman. "Baik keluarga dan masyarakat dihimbau agar dapat mengerti dengan situasi ini karena ini dapat membahayakan kita semua," pungkasnya.



(nfl)